Hari Kedua: Semarang

Setelah menempuh perjalanan panjang kemarin, jadwal hari kedua ini memang santai sekali. Maklum, ini road trip perdana, jadi belum tahu tingkat capeknya akan seberapa besar. Lagi pula hari ini digunakan untuk memberi kesempatan pada Al untuk berenang dan santai-santai di hotel, serta mandi berendam!

Tujuan pertama kami adalah Lawang Sewu. Saya kebetulan pernah berkunjung ke Lawang Sewu (Seribu Pintu) pada tahun 2007 bersama Sahabat Museum. Waktu itu masih berupa gedung kosong, penuh debu, dan belum dipugar, serta terkesan seram. Lawang Sewu yang sekarang ini berbeda sekali kondisinya dengan yang dulu, sudah cantik, bersih, dan terawat. Gedung ini sejak awal memang digunakan sebagai kantor perkeretaapian, jadi tidak heran isinya banyak berkaitan dengan sejarah kereta api di sini. Selain itu juga diceritakan proses pemugaran yang selesai tahun 2011.

Tiket masuknya Rp10.000,- untuk dewasa dan Rp5.000,- untuk anak-anak. Jika ingin menggunakan jasa pemandu wisata cukup menambah biaya Rp50.000,- jadi totalnya Rp75.000,-. Selain bisa tahu lebih banyak cerita berkaitan dengan Lawang Sewu, Al juga senang karena bisa bebas bertanya macam-macam kepada pemandu wisata. Mereka juga merangkap pengarah gaya dan fotografer, cocoklah untuk keluarga yang suka malas berfoto-foto saat liburan. Kalau ini kan “terpaksa” berfoto karena disuruh dan diatur oleh pemandu wisata.

20160614_110219

Dari Lawang Sewu kami pergi makan siang. Rencananya ingin makan bakmi Siang Kie dan bungkus lumpia gang Lombok. Sayangnya ternyata bakmi yang diincar tutup. Akhirnya kami membungkus lumpia dan makan di restoran di sudut jalan itu.

Perjalanan kami lanjutkan ke Vihara Buddhagaya Watugong untuk melihat Pagoda Avalokitesvara yang tingginya mencapai 45 meter, sekaligus agar Al bisa melihat tempat ibadah umat Buddha ini secara langsung, tidak hanya mempelajarinya di sekolah.

20160614_14055020160614_140847

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Kelenteng Sam Poo Kong. Saat selesai berkeliling, saya iseng menawari Al untuk berfoto dengan kostum yang disediakan. Ternyata dia mau, dan jadilah Al berfoto memakai kostum. Lumayan untuk kenang-kenangan, biayanya Rp90.000,- mendapatkan dua foto yang dicetak. Jika ingin mendapatkan file-nya bisa menambahkan Rp20.000,-.

SPK_0003

SPK_0024

Sore itu kami kembali ke hotel dan tidak jadi berkeliling di kawasan kota tua Semarang karena tidak tahan dengan panasnya cuaca saat itu. Malam itu kami kembali makan di KoenoKoeni karena ingin mencoba es krim rasa tolak angin mereka dan juga malas mencari-cari jalan ke restoran lain. Kalau kemarin kami makan di luar, kali ini kami makan di bagian dalam restoran. Menu favorit kami adalah asem-asem ikan patin.

20160614_193202
Rasanya ya rasa tolak angin, dingin di mulut tapi terasa hangat di tenggorokan.
20160614_193824
Welcome drink jamu beras kencur, di sebelahnya itu es krim tolak angin
20160614_194503
Menu favorit: Asem-asem ikan patin

Selesai makan, kami langsung kembali ke hotel dan berjalan kaki ke Simpang Lima karena Al ingin naik mobil gowes yang banyak disewakan di sana. Awalnya kami pikir Al mau naik dan papanya yang menggowes, ternyata terbalik dan Al kuat menggowes mobil berpenumpang kami berdua. Untuk satu kali keliling Simpang Lima kami membayar Rp30.000,-.

20160614_20535320160614_205457

Bermain-main di Simpang Lima ini menjadi favorit Al di Semarang. Sehabis menggowes mobil, ia minta bermain otopet yang banyak disewakan di sana seharga Rp15.000,- untuk satu jam. Lumayan bisa duduk-duduk santai berdua sementara si Al bermain otopet. Sebelum kembali ke hotel, Al sempat juga bermain lari-larian di lapangan Simpang Lima yang luas dan baru selesai sekitar pukul 22.30. Memang benar ya, yang diperlukan anak-anak sebenarnya tempat bermain terbuka yang luas agar mereka bebas berlari-larian. Seandainya di dekat rumah ada yang seperti ini…