Percobaan Sains Sederhana #3

Beberapa lagi percobaan sederhana yang sempat didokumentasikan. Alat dan bahannya sederhana saja, yang mudah didapat dan biasanya memang tersedia di rumah. Walaupun demikian, tetap saja menarik dan menyenangkan untuk anak-anak. Manfaatnya apa? Saat sudah mendapatkan materi pelajarannya di sekolah, biasanya Al ingat percobaan yang pernah kami lakukan bersama.

IMG_20141004_080742

Kalau yang ini judulnya fireworks in a jar. Mudah sekali, hanya perlu air hangat, minyak dan pewarna makanan. Teteskan saja pewarna makanan pada minyak, lalu aduk dengan garpu sehingga menjadi titik-titik kecil seperti di foto. Tuangkan minyak ke dalam stoples berisi air. Pewarna makanan akan turun satu per satu dan proses turunnya itu terlihat seperti kembang api warna-warni di langit. Keterangan lebih lengkap bisa dibaca di sini.

IMG_20140723_100707

Yang satu ini sebenarnya perpaduan antara sains dan seni. Namanya salt painting. Bahannya hanya kertas yang agak tebal atau karton, lem pva (saya pakai lem fox), garam, pipet, dan pewarna makanan yang dicampur sedikit air. Bisa juga memakai cat air. Buat gambar pada kertas atau karton dengan menggunakan lem. Lalu taburkan garam sampai semua lem tertutup garam, dan sisihkan garam yang tidak menempel. Minta anak mewarnai gambar itu dengan menggunakan pipet. Nanti kita bisa melihat bagaimana cairan warna-warni itu berjalan mengikuti jalur gambar. Simpel dan menyenangkan! Penjelasan lengkapnya bisa dibaca di sini.

IMG_20140726_111820

Sebenarnya ini mirip dengan percobaan gunung berapi, bahannya juga sama, hanya saja caranya berbeda. Kali ini baking soda dalam jumlah yang cukup banyak diletakkan pada wadah, lalu ditetesi pewarna makanan yang sudah dicampur cuka. Sederhana tapi tetap saja menyenangkan buat anak-anak. Sebetulnya sih di foto itu wadahnya kurang besar dan baking sodanya kurang banyak. Penjelasan detailnya bisa dilihat di sini.

11052890_10152922563463172_3986752224241556292_n

Kalau ini mirip banget dengan yang tadi, hanya saja pewarna diteteskan terlebih dahulu ke cetakan es batu. Lalu ditutupi dengan baking soda. Nanti ditetesi dengan cuka sambil sebelumnya main tebak-tebakan, warna apa ya kira-kira yang akan muncul. Prinsipnya hampir sama dengan di sini, hanya saja media yang digunakan berbeda.

Bagaimana, seru kan?

 

 

Advertisements

One thought on “Percobaan Sains Sederhana #3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s