Dari Picky Eater Jadi Pemakan Segala Macam

Ya, waktu kecil saya picky eater kelas berat. Terbayang repot dan frustrasinya Mama dulu menghadapi saya setelah sekarang saya punya anak yang juga picky eater.

Sepanjang ingatan saya, dulu tuh saya kalau makan pasti ada yang disingkirkan, misalnya: makan gado-gado hanya lontong, bumbu kacang, dan kerupuknya saja ( jadi bukan gado-gado lagi namanya ya…), makan siomay hanya tahunya pakai bumbu kacang dan kecap, musuhan sama sayur-mayur, kalau ada sayur asam yang dimakan hanya kuahnya, sup daging artinya hanya makan daging dan kuah, soto ayam berarti hanya sohun, kuah, ayam, dan keripik kentang yang dimakan, serta berbagai macam pantangan lainnya yang saya saja tidak ingat lagi! Satu kenangan yang cukup jelas adalah saat diajak Mama makan burger di daerah Blok M. Dulu itu burger masih jarang dan termasuk mewah. Apa yang saya makan? Hanya rotinya saja, isi burgernya saya singkirkan! Kebayang kan ribetnya punya anak kayak gini???

Lalu bagaimana ceritanya bisa bertransformasi jadi pemakan segala jenis makanan, suka sayuran, dan suka mencoba-coba beragam makanan? Tidak ingat persis sih tepatnya. Hanya saja saat SMA jeda waktu antara pulang sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler hanya 45 menit. Jadi harus cukup untuk rebutan beli makanan dan tentu saja makan. Awalnya ya kalau pesan soto masih usaha menyingkirkan taugenya, bawangnya, dll. Lama-kelamaan akhirnya kesal dan mencoba memakannya. Ternyata tidak apa-apa tuh. Perbendaharaan sayur yang bisa saya makan pun bertambah ketika kuliah dan sempat kos. Sedikit demi sedikit berkurang pilih-pilih makanannya walau sempat merasa sengsara masalah makanan saat ikut zomercursus di Belanda. Lambat tapi pasti saya mulai menyukai berbagai jenis sayuran dan makanan yang tergolong aneh.

Dulu kalau ada makanan begini sudah pasti saya merengut dan minta telur dadar
Dulu kalau ada makanan begini sudah pasti saya merengut dan minta telur dadar

Sekarang saya masih suka merasa takjub saat makan tumis bunga pepaya, urap, carpacio, atau sushi, misalnya. Tak terbayangkan bisa menyukai beragam jenis makanan dan berani mencobanya.
Kalau dipikir-pikir, dulu kok ya bodoh sekali sudah tinggal makan tapi pilih-pilih seperti itu.
Sekarang PR terbesar adalah saat menghadapi Al yang cukup picky eater walaupun tidak separah saya dulu. Ia masih mau makan sayuran walaupun jenisnya terbatas, ragam makanan yang mau ia santap juga terbatas tapi sudah mulai mau mencoa-coba makanan yang belum pernah ia makan. Semoga saja lama-kelamaan nanti ia bisa menyukai beragam makanan.

Advertisements

3 thoughts on “Dari Picky Eater Jadi Pemakan Segala Macam

  1. Samaaaaa Laaa, pas kecil aku juga dulu telur dadar bayaam dan telur dadar kecap sama ikan cuek tanpa sayur apapun itu aja menuku yang kumakan tanpa merepet ke mamak. Kalo udah ada lauk semurlah, apalagi yang ada santannya dan berkuah (soap aja gag doyan huaaa) pastiiiii kalau pas mamakku longgar (gak mau berdebat) dibikinin telor. Sejak aku kuliah semua bisa kucoba dan kumakan, awalnya juga karena liat temen temen pas kuliah di stan kan dari berbagai daerah ya, mau pada makan gado gadolah pecellah soto lah, akhirnya ikutan nyoba dan ternyata emang malah sekarang kayaknya selain duren aku sukaaa semua makanan deh.
    Semoga Al gak sampe selama kita ya, ihik, kelas 3 deh ya Al.

    1. Nah iyaaaa begitu, rewel banget ya… tapi anak2mu gak ada yang picky eater kan? Al mulai picky sejak umur dua tahun, padahal sebelumnya semua masuk2 aja.

      1. gak sampoe picky eater sih La, tapi tetep aja ada makanan yang mereka gag suka kayak Ephraim musti dipaksa kalo pepaya dan dia suka nyisihin bawang bombay di makaroni skutel, masih bisa dipaksalah ya hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s