Nasi Ayam Hainan

Kali ini bukan resep dari Oma. Dulu Mama suka bikin makanan ini di rumah, tapi versi yang lebih ribet. Pas main ke Aachen dapat cara yang jauh lebih simpel dan rasanya tetap enak! Pada prinsipnya sih ini beras yang dimasak dengan kaldu ayam sebagai ganti air. Cara membuatnya mudah dan jadi andalan kalau ingin makan yang hangat-hangat dengan usaha sedikit.

IMG_20151201_082413

Pertama-tama kita buat dulu kaldu ayamnya. Biasanya saya merebus dua pasang paha ayam bersama tiga siung bawang putih dan satu ruas jahe. Bumbui dengan lada dan garam sesuai selera. Rebus dengan air agak banyak, karena kita akan memakai air kaldunya untuk memasak nasi. Agar lebih mudah, saya biasa membuat kaldu dengan slow cooker.

Nasi Ayam Hainan

4 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
2 ruas jahe
2 cup beras, cuci bersih
2 sdm kecap ikan
lada dan garam secukupnya
minyak wijen untuk menumis

Panaskan minyak wijen, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan beras dan aduk rata. Tambahkan kecap ikan, lada, dan garam sesuai selera. Aduk terus sampai warna beras mulai berubah jadi putih susu. Angkat dan masukkan ke dalam rice cooker. Masak beras dengan takaran air yang dilebihkan sedikit dari biasanya. Biasanya ayam juga saya masukkan ke rice cooker agar kering, tidak terasa basah seperti ayam rebus. Saat nasi matang, siap untuk disajikan bersama potongan mentimun dan cabai rawit yang direndam dalam kecap asin.

Terkadang tingkat kematangan nasi kurang sempurna, jadi biasanya dilanjutkan dengan mengukusnya di dandang. Mungkin ini lebih karena faktor rice cooker kami yang sudah tua…

Selamat mencoba! Cocok sekali makan nasi ayam hainan yang masih hangat ini di saat cuaca hujan dan dingin.

 

Advertisements

4 thoughts on “Nasi Ayam Hainan

    1. Iya ta… bikin gih cobain, gampang banget kog. Gw tuh males kalo masak yang ribet2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s