Percobaan Sains Sederhana #2

Mumpung lagi rajin, ini meneruskan postingan yang kemarin, tentang beberapa percobaan sains yang pernah dilakukan Al di rumah. Sekaligus sebagai pengingat agar makin rajin mengajak Al beraktivitas seperti ini di rumah. Sebenarnya percobaan-percobaan ini juga membuat saya belajar banyak hal, yang dulu mungkin pernah dipelajari, tetapi karena tidak ada praktiknya, jadi ya sudah tidak ingat lagi. 

IMG_20140913_185131

Ini cuma perlu tisu yang agak tebal seperti tisu dapur, lalu buat garis dengan spidol yang bukan spidol permanen dan rendam ujung tisu di air. Nanti akan terjadi efek seperti di foto. Namanya sih kromatografi, terjadi pemisahan molekul kalau gak salah, silakan baca di sini. Yang jelas efeknya cukup ‘wow’ buat anak-anak.

IMG_20150625_130049

Kalau ini gampang dan hasinya bagus! Jadi kita sobek-sobek kertas krep warna-warni, lebih bagus kalau kertas krepnya berwarna terang. Basahi kertas itu dengan air, misalnya dengan dicelup ke air lalu atur posisinya di atas kertas putih polos. Atau bisa juga diatur dulu posisi kertas krep di atas di kertas putih, lalu dibasahi dengan kuas. Keringkan kertas, di sini saya memakai hair dryer, selain agar cepat, anak juga senang boleh pinjam hair dryer mama. Efeknya juga kertas akan beterbangan ke berbagai arah, menambah kesenangan! Selengkapnya bisa dibaca di sini.

IMG_20141211_141646

Kalau ini aslinya biasa pakai bunga, seperti di sini. Tapi ya malas kan cari-cari bunga, akhirnya pakai sawi putih. Gak sangka sih warnanya bakalan jadi sekeren ini. Jadi anak-anak bisa lihat penyerapan air yang dilakukan oleh tanaman. Bahkan ada yang komentar kalau bunga dekorasi pelaminan suka diberi warna dengan cara seperti ini.

Selamat mencoba, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s