Menghias Kue Ulang Tahun Sendiri

Sebenarnya saya terobsesi untuk membuat kue ulang tahun Albert sejak ia baru akan berulang tahun yang pertama. Entah mengapa ini baru terwujud saat ulang tahunnya yang keenam. Itu juga kue biasa saja. Tahun ini Albert berulang tahun yang ketujuh. Awalnya saya sudah berencana untuk membeli saja kue berukuran kecil, agar tidak repot dan simpel. Namun Albert memaksa agar saya membuatkannya kue ulang tahun. Salah satu sebabnya karena ia hanya suka kue cokelat yang tidak terlalu manis dan tidak banyak krimnya. Akhirnya saya buatkan lagi kue yang sama persis dengan tahun lalu, hanya dibedakan hiasannya saja. Agar lebih seru, saya mengajak Albert menghias sendiri kue ulang tahunnya.

Saya memakai resep simple chocolate cake dari sini. Cara pembuatannya cukup mudah dan anti gagal, rasanya pun enak apalagi untuk penggila cokelat. Saya kurangi gulanya cukup banyak dari resep. Berikut ini resepnya:

Bahan kue cokelat:

  • 100 gram gula halus
  • 245 gram tepung terigu serbaguna
  • 75 grams bubuk cokelat
  • 1 1/2 sdt baking powder
  • 1 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 2 telur ukuran besar
  • 240 ml kopi
  • 240 ml susu uht
  • 120 ml minyak sayur (saya pakai minyak kanola)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven sekitar 180 derajat. Olesi dua loyang bulat dengan mentega dan lapisi bagian bawahnya dengan kertas.
  2. Campur dan aduk jadi satu gula, tepung, bubuk cokelat, baking powder, baking soda, dan garam.
  3. Pada wadah lain, campurkan dan aduk telur, kopi, susu, dan minyak. Tuangkan adonan cair ke wadah adonan kering lalu aduk sampai tercampur rata.
  4. Bagi dua adonan ke dalam dua loyang bulat, lalu panggang sekitar 30 menit.
  5. Keluarkan dari oven dan biarkan sekitar 10 menit. Kemudian keluarkan kue dari cetakannya agar bisa benar-benar dingin.

Bahan Lapisan Cokelat: (Saya hanya membuat setengah resep asli karena tahun lalu hasilnya terlalu banyak. Apalagi Albert tidak suka kue yang terlalu banyak lapisan cokelatnya.)

  • 100 gram dark cooking chocolate, potong-potong
  • 113 gram mentega tawar, suhu ruang
  • 80 gram gula halus, ayak (saya hanya memakai 1/3 dari resep asli dengan pertimbangan cokelat yang saya pakai sudah cukup manis)

Cara membuat:

  1. Lelehkan cokelat, sisihkan sampai mencapai suhu ruang.
  2. Kocok mentega dengan mikser sekitar 1 menit. Tambahkan gula dan kocok terus sampai sekitar 2 menit. Masukkan cokelat leleh dan kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur. Tambahkan kecepatan mikser sampai cokelat menjadi halus dan mengilap (sekitar 2-3 menit).

Saat kue sudah benar-benar dingin, oleskan cokelat dan tumpuk kue menjadi satu. Awalnya saya hanya akan menaburkan parutan cokelat ke atasnya. Tiba-tiba saya mendapatkan ide untuk membeli beberapa jenis penganan cokelat untuk menghias kue bersama-sama. Hasilnya kue jadi lebih keren dan Albert terlihat sangat bangga sudah ikut menghias kue ulang tahunnya sendiri. Setelah dihias sebaiknya kue dimasukkan ke kulkas agar hiasan tidak lepas. Selamat mencoba!

Artikel ini sudah pernah tayang di The Urban Mama, tanggal 31 Juli 2015.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s