Lebih Sehat dengan Lebih Banyak Bergerak

Sebelum pergi seminar, saya sempat mengalami lower back pain yang cukup mengganggu. Satu hal yang menjadi ketakutan saya, bagaimana saya bisa survive selama perjalanan yang cukup panjang ditambah harus mengangkat-angkat koper sendiri dan pasti akan sangat banyak berjalan kaki di sana.

Salah satu teman saya memiliki kekhawatiran yang sama. Selama ini ia punya sedikit masalah dengan bahunya. Apa yang terjadi selama kami di sana? Terasa segar! Tidak ada sakit yang kambuh dan malah merasa fit sekali selama di Eropa. Faktor udara yang lebih segar… mungkin saja. Makanan yang lebih sehat… bisa jadi.

Yang jelas, kami lebih banyak bergerak di sana. Setelah duduk seharian dalam seminar, setelah makan malam kami diajak berkeliling kota Antwerpen selama sekitar 2,5 jam jalan kaki. Pegal-pegal… pastinya, tapi badan terasa segar. Acara seminar selalu dikombinasikan dengan jalan kaki ke museum, melihat-lihat pusat kota, dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Acaranya selalu merupakan kombinasi antara duduk-duduk di kelas dan berjalan kaki ke berbagai tempat di kota-kota yang kami kunjungi. Terasa sekali hidup di Jabodetabek itu benar-benar dimanjakan oleh kendaraan umum yang bisa berhenti di mana saja dan ojek yang siap mengantar ke mana saja. Sementara selama di sana, untuk naik kereta harus berjalan dulu sekitar 1 km ke stasiun, ke mana-mana berjalan kaki.

Pegal-pegal yang sering saya alami hampir tidak terasa… semoga saja setelah kembali ke sini saya masih berusaha rajin jalan kaki. Mumpung tubuh sudah merasa butuh lebih banyak bergerak. Semoga!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s