Class Concert JMC 1

Sudah enam bulan ini Albert ikut kelas JMC1 di Yamaha. Sebenarnya saya agak berhati-hati saat akan mendaftarkan les musik ini. Dulu waktu kecil saya dipaksa-paksa ikut les musik, rasanya tertekan banget, maklum harus meneruskan sejarah organis gereja. Dulu saya stop di Step 3 Electone. Alasannya karena gak ada waktu, padahal saya gak suka, buta musik. Lihat dan baca not bisa, baca tapi gak bisa mainnya kalau gak ada yg nyontohin dulu sebelumnya. Stres karena dua sepupu les piano klasik dari kecil, rasanya minder banget kalau berurusan sama musik.

Trus gimana si Albert bisa ikut les? Dulu waktu dia masih Gymboree, dia suka banget sama kelas musiknya. Sempat ikut trial kelas MW di Yamaha, dia gak suka. Oke lah, gak mau maksa. Pas dia TK, ada booth Yamaha di sekolahnya dan tawaran free trial. Ternyata dia suka dan maksa mau ikut. Beneran serius ternyata, dan Albert cinta banget sama les ini. Yang bikin kringetan adalah pendampingnya harus ikut belajar. Kalo satu tangan masih OK lah. Ternyata mayan berguna ilmu les musik zaman dulu. Tapi satu jam seminggu itu lumayan bikin stres karena Albert gak bisa diam di kelas. Anehnya dia bisa ngikutin… disuruh main bisa.

Albert hari ini ujian, pastinya saya yang mules. Sampe mikir, ya ampun, anak kecil gini pake ujian. Tapi untungnya lancar. Class concert juga lancar. Semangat banget pengen lanjut JMC 2. Oke lah, kalau Albert memang suka, kita dukung terus deh.

Terharu banget lihat dia bisa main musik begitu.

Lower Back Pain

Awal tahun ini saya lagi semangat-semangatnya kerja. Ada proyek terjemahan, proyek di erasmus, ngajar ambil yang lima jam langsung, dan proyek-proyek lainnya. Mulai rajin olahraga juga, gak lari kog, tapi power walking. Biar suami rajin olahraga, saya tanding berapa kilometer yang bisa dicapai dalam sebulan. Karena sering duduk lama, kog rasanya punggung bawah agak sakit. Tadinya dikira PMS kali ya. Atau kursi kerja di rumah yang kurang bagus… karena dulu beli kursi ya asal ada saja, gak kepikiran kalau nantinya bakalan kerja dari rumah. Beli kursi, gak berkurang sakitnya, malah tambah parah. Puncaknya tuh punggung kaku banget kayak papan, gak bisa ditekuk, gak bisa membungkuk, dan yang paling menyiksa adalah gak bisa naik angkot duduk di belakang. Rasanya sedih deh… belum setengah baya tapi sudah soak begini.

Diingat-ingat, sakitnya mirip dengan sakit waktu trimester ketiga pas hamil. Jangan2 ini yang dimaksud lower back pain berkaitan dengan hamil dan melahirkan (ingat2 presentasinya Brett Money, expert tum waktu anniversary tum waktu itu). Akhirnya saya mencoba bikin janji ke Omactive. Kondisi makin parah, perubahan posisi makin menyiksa, duduk bangun susah, bantuin Albert mandi susah, pokoknya segala serba susah. Takut banget deh…

Memberanikan diri ke Omactive, setelah diperiksa, ini kategorinya mild (gak kebayang gimana yang parah deh), jadi tulang panggul gak balik sempurna ke tempatnya setelah hamil dan melahirkan. Ada hubungannya dengan hormon dan sendi-sendi yang kendor. Treatment-nya dipijat dan ada PR core training-nya. Jadi dipijat untuk melemaskan otot-otot yang kaku, kemudian latihan untuk menguatkan otot. Ternyata setelah kunjungan ketiga, keempat, punggung mulai membaik. Keren ya… Total sampai kemarin itu tidak sampai sepuluh kali. Tapi sekarang sudah bisa membungkuk lagi dan sudah mulai lincah lagi. Kadang terpikir, kog bisa ya. Sepertinya latihan yang dilakukan juga sepele sekali, tapi terapisnya tahu lho kita latihan atau tidak. Sepertinya cuma dipijat, tapi kog betul-betul membaik. Saat sudah membaik, mereka bilang, sekarang sudah oke, kalau ada yg dirasa tidak enak silakan kembali.

Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan terapisnya, saya jadi tahu kalau rasanya sakit, kaku itu berarti masalah dengan otot. Kalau ada rasa tajam sakit menusuk-nusuk, itu artinya ada syaraf terjepit. Golden period untuk memulihkan syaraf terjepit adalah tiga bulan.

Sekarang jadi lebih tahu diri, tidak semua kerjaan diterima, tidak memforsir diri, rajin latihan, dan tahu batasan. Memang terkadang mesti dicolek begini kali ya agar lebih tahu diri…