Hampir 4 tahun

Sudah bulan Juli lagi… berarti Albert sudah hampir empat tahun… gimana kabarnya? Baik2 saja, makin besar, makin bikin gw dan suami harus banyak belajar lagi, pertanyaan2nya superkritis, jawaban2nya superlogis, alasan2nya superkeren… masih gak nyangka kalau si bocah sudah hampir 4 tahun…

Makannya tambah banyak… gak bisa lagi kalo makan di restoran hanya pesan dua porsi, harus tiga porsi… gak ada ceritanya lagi makan seporsi berdua si bocah… lumayan takjub melihat pesatnya pertumbuhan albert setahun terakhir ini… walau mungil, tapi gak beda jauh juga sama teman2nya di PG. Melegakan, apalagi kan dulu dia pernah dibilang kurang gizi sama salah satu dsa.

Image

Biar dia tidur gak terlalu larut, kuncinya adalah pengurasan tenaga… mungkin ini yg dibilang orang2, punya anak cowok itu menguras energi fisik… Lumayan, diajak lari keliling kompleks beberapa putaran, gw olahraga, energi bocah juga terkuras… jadi gak terlalu malam tidurnya…

Bukan anak gw banget kata suami dan teman2, soalnya gw terkenal jutek dan gak ramah, sementara si albert tipenya sksd gitu… semua2 diajak ngobrol… haha… *geleng-geleng… mesti pintar2 bernegosiasi sama dia untuk menghindari tantrum dan marah2… menengangkan banget deh… tapi seru…

Sekarang albert lagi hobi menghitung kalendar, jelang ultah… ditawarin mo tiup lilin di sekolah gak, dia gak mau, di rumah saja katanya… minta kadonya cuma mobil2an ambulans merek siku… sederhana sekali…

Tiga bulan meninggalkan zona nyaman

Ternyata udah tiga bulan lebih gw meninggalkan zona nyaman… gimana rasanya? Jujur… pasti ada enaknya dan ada gak enaknya… Tapi kalau diminta memilih, gw pasti akan lebih memilih jadi freelancer begini ketimbang ngantor seperti sebelumnya. Gak perlu desak2an parah di kereta tiap pagi dan sore… itu yg menyenangkan… Bisa antar jemput anak sekolah… priceless… kapan lagi, kalau gak sekarang, nanti tahu2 albert sudah besar dan gak mau diantar jemput lagi. Manajemen waktu masih berantakan… waktu terbaik untuk kerja tuh kalau albert sekolah atau albert tidur… rasanya kejar2an banget… dulu waktu masih ngantor seringnya di rumah ya untuk santai… sekarang belum bisa tidur, apalagi kalau artikel buat di sini belum beres…Menegangkan, sekaligus menyenangkan…

Di luar dugaan ada kesempatan2 baru yang datang… jadi editor TUM, kehormatan besar nih… dapat kesempatan menulis ulang cerita rakyat, ada kesempatan bantuin FP bikin buku, semua di luar dugaan. Ngajar gimana? Jalan terus pastinya, sekalian ada proyek multimedia juga di situ…

Kalau ditanya, kenapa suka dan gak menyesali keputusan besar itu? Mungkin karena hidup rasanya lebih seimbang… Walau beberapa kali berantem sama albert, tapi tetap saja menyenangkan. Yang dikangenin dari kerja kantoran adalah ngobrol2 seru bareng teman sekantor, ketawa2 bareng, tapi sekarang lumayan tergantikan dengan obrolan2 via whatsapp…