Jalan-jalan di Ragunan

Sebenarnya kunjungan kami ini boleh dibilang dadakan. Punya keinginan besar mengajak Albert jalan-jalan sebelum akhir tahun, tapi cuti minim, dan budget liburan sudah menipis. Waktu juga sangat mepet dengan persiapan Natal. Tiba-tiba saya dapat ide cemerlang, ayo kita ke Ragunan saja. Dekat dengan rumah mertua, dan di hari yang sama kami bisa sekalian mengurus hal-hal lain.
Albert dan pelikan

Teman-teman saya banyak yang meremehkan ide ini… ih, kan di sana kotor, bau, dsb. Tapi ya saya tetap nekad, dekat dengan rumah mertua, kalaupun mengecewakan, ya tinggal belok saja main ke sana. Surprisingly, Kebun Binatang Ragunan cukup bersih, dan yang penting di situ adem… banyak pohon soalnya. Rasanya tidak seperti di Jakarta. Yang penting Albert bisa puas berlari-lari dan melihat-lihat binatang. Karcisnya juga murah meriah, kalau tidak salah hanya sekitar 5000 rupiah untuk mobil, dan per orang membayar 5000 rupiah juga. Kalau mau masuk Pusat Primata harus tambah bayar 5000 rupiah juga per orang. (Kami ke sana pada hari biasa, bukan weekend). Sayangnya karena waktu terbatas, kami hanya sebentar di sana. Tapi kami pasti akan kembali lagi ke sana… sepertinya enak juga untuk berpiknik. Mungkin juga untuk mencoba kereta keliling Ragunan atau menyewa sepeda tandem (tapi yang ini sepertinya harus tunggu Albert lebih besar deh…).

gajah yang besar sekali

Kalau mau ke Ragunan, saran saya sih lebih enak hari kerja, terus datang pagi-pagi. Kami sampai setengah sepuluh, ternyata parkiran mobil sudah lumayan penuh. Mungkin enak juga kalau bawa bekal, jadi bisa makan sambil duduk-duduk di bangku-bangku yang ada, atau menggelar tikar.

Artikel ini sudah pernah tayang di The Urban Mama, tanggal 2 Juni 2011.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s