Jalan Sesama

jalan sesama

Sebenarnya saya sudah lama dengar tentang Jalan Sesama alias Sesame Street versi Indonesia, tapi karena waktu tayangnya pas jam kerja, saya tidak pernah punya kesempatan untuk menontonnya.

Waktu itu saya iseng untuk membelikan Albert majalah Jalan Sesama, ternyata ia sangat menyukainya. Masalahnya, saya tidak tahu nama tokoh-tokohnya dan di situ tidak ada penjelasan tentang mereka. Apalagi Albert berulang kali bertanya, “Ini siapa?”

Untunglah lalu saya menemukan DVD Jalan Sesama, dan sejak saat itu, acara menonton acara Jalan Sesama menjadi aktivitas favorit kami bertiga. Biasanya dalam satu DVD ada dua episode cerita, masing-masing sekitar 24 menit. Sekali menonton biasanya saya hanya putarkan satu episode. Selain cerita tentang empat tokoh utamanya, yaitu Putri, Momon, Tantan, dan Jabrik, ada juga cerita tentang Gatotkata dan Agen Rahasia 123. Selain tokoh boneka, ada juga tokoh seperti Pak Dalang, Pak Bagus, dan lain-lain. Dalam film ini, anak-anak bisa melihat permainan-permainan tradisional, sedikit unsur budaya Indonesia, dan belajar tentang kata-kata berbahasa Indonesia.

Menurut saya, DVD ini cukup menarik sebagai penyeimbang tontonan Albert yang biasanya didominasi oleh tokoh-tokoh Playhouse Disney. Mungkin juga bisa menjadi alternatif tontonan untuk anak-anak Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Artikel ini sudah pernah tayang di The Urban Mama, tanggal 11 November 2010.

Leave a Reply

