Mobil-mobilan dari Kulit Jeruk Bali

Saya berpendapat bahwa aktivitas di luar ruangan sangat penting bagi anak-anak. Beruntung saya tinggal di lingkungan yang cukup ramah bagi anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan. Kebetulan kami baru saja membeli jeruk bali, mengapa tidak membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali?

Saat kecil saya jarang beraktivitas di luar rumah, mungkin karena rumah orangtua saya dulu di pinggir jalan besar yang ramai, jadi akan berbahaya jika saya berada di luar rumah. Lagipula hanya ada sedikit teman sebaya di lingkungan tempat tinggal saya waktu itu. Sedangkan suami saya kebalikannya, ia sangat sering beraktivitas di luar rumah bersama teman-teman sebayanya. Saya ingin Albert bisa mengalami masa kecil seperti yang dialami suami saya, bisa bermain di luar rumah bersama teman-teman sebayanya.

berjalan2 berdua papa

Di zaman modern ini, banyak anak-anak yang lebih suka beraktivitas di dalam ruangan, bagi kami, hal itu kurang sehat. Mungkin ada banyak alasan, seperti tanah yang makin sempit sehingga tidak ada halaman, lokasi rumah yang dekat dengan jalan raya, dan sebagainya. Sayangnya memang di Jakarta sulit kita temukan ruang terbuka hijau yang bisa menjadi tempat beraktivitas bersama keluarga dan berjalan-jalan ke mal masih menjadi pilihan utama untuk mengisi waktu luang.

bercanda dengan papa

Beruntung kompleks tempat kami tinggal cukup aman dan nyaman bagi Albert untuk beraktivitas di luar ruangan. Lagipula Albert juga mempunyai banyak teman sebaya di sini. Memanfaatkan waktu luang yang singkat untuk bermain bersama, suami saya membuatkan Albert mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. Mainan tradisional yang murah meriah dan bisa membuat Albert gembira bermain di luar ruangan. Sekalian juga biar papanya bisa bernostalgia bermain mobil-mobilan dari kulit jeruk bali.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:

  • Kulit jeruk bali.
  • Tali (untuk menarik mobil-mobilannya).
  • Tusuk gigi, untuk menempelkan ‘roda’.
albert bangga dengan mobil kulit jeruk

Jadi, tunggu apalagi, ayo ajak si kecil bermain bersama di luar ruangan…

albert dan mobil2an buatan papa

Artikel ini sudah pernah tayang di The Urban Mama, tanggal 7 Juni 2010.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s